All About Food
by on October 3, 2022
77 views

Madu mungkin menjadi salah satu alternatif makanan alami yang baik dikonsumsi saat masa pandemi sebab dipercaya bisa guna meningkatkan daya tahan tubuh. Pada umumnya madu sendiri memang sudah dikenal mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk kesehatan. Ditambah dengan rasanya yang manis, sehingga tidak heran jika madu ini bisa menjadi favorit alternatif banyak orang untuk menunjang kesehatan. 

Seperti yang telah kamu ketahui, madu yang dikhususkan untuk kesehatan mempunyai jenis yang berbeda-beda. Di Indonesia saja terdapat beberapa jenis yang populer, di antaranya madu Akasia, Eukaliptus, Hutan Sumatera, Karet, Kapuk Randu, dan yang terakhir Manuka. Khusus madu Manuka ini, meskipun memiliki harga yang bisa dibilang berkali-kali lipat dari madu umumnya di pasaran atau lainnya, untuk urusan khasiatnya jangan ditanyakan lagi. 

Tentunya untuk urusan kesehatan madu Manuka mempunyai berbagai manfaat. hillaryfarm.co.id adalah toko online yang menjual madu manuka dan madu clover berkualitas di Indonesia madu yang terdapat di Hillary Farm ini terbilang cukup terjangkau, sebab langsung dari agen madu terpercaya yang ada di New Zealand. Madu manuka ini sangat aman di konsumsi untuk anak-anak, orang tua, dan lansia. Disini kami akan berikan informasi mengapa madu Manuka ini dianggap madu yang sangat unik. 

Penyebab Kenapa Madu Manuka di Sebut Madu Unik

Sebagai informasi tambahan untuk kamu, madu Manuka ini yakni hasil olahan dari pohon Manuka yang berasal dari Selandia Baru. Sementara ada data yang menyebutkan bahwa di Selandia Baru setidaknya mempunyai 9.282 peternak lebah resmi yang telah terdaftar kredibilitasnya. Peternak di sana mayoritas mengabadikan waktu dan keahliannya untuk merawat kesehatan lebah serta lingkungannya. 

Lalu selanjutnya di sana pula didukung dengan kondisi tanah, iklim, dan teknologi yang selalu diperhatikan dengan baik sehingga bisa tetap menjaga kualitas madunya. Terakhir, Selandia Baru yaitu satu-satunya negara di dunia yang memiliki definisi madu Manuka yang resmi dan ilmiah yang diawasi langsung oleh Kementrian Industri Primer. Jadi seluruh madu Manuka yang diekspor telah dilakukan uji kualitasnya.

Sudah terpikirkan bukan bagaimana madu ini bisa dibilang menjadi salah satu madu berkualitas tinggi? Nah bukan hanya berkualitas dan bermanfaat, madu Manuka ini juga mempunyai berbagai keunikan yang istimewa. 

1.) Madu Manuka memiliki kandungan yang tidak dimiliki oleh madu lain.

Pada umumnya semua madu mempunya peroksida alami di dalamnya. Namun, perlu kamu tahu bahwa madu Manuka yakni satu-satunya madu yang mengandung senyawa antibakteri peroksida dan non peroksida atau methylglyoxal (MGO). MGO ini yaitu senyawa kunci yang dihubungkan dengan keefektifan madu yang bisa memberikan manfaat untuk berbagai penyembuhan luka, termasuk luka fisik hingga luka bakar.  

Selain kandungan MGO, madu manuka juga memiliki Unique Manuka Factor (UMF) sebagai salah satu indikator kemurnian dari madu Manuka. UMF ini sendiri yaitu standarisasi internasional yang diberikan pada madu manuka yang menjamin kemurnian dan kualitasnya. Madu manuka yang tidak mempunyai label UMF berarti belum dapat dibuktikan kemurnian dan kualitasnya. UMF ini juga memiliki angka seperti UMF5+, UMF10+ , hingga UMF20+. Untuk UMF dengan nilai 10+ ke atas, biasanya dikhususkan sebagai terapeutik pengobatan. 
 
2.) Madu khusus untuk mengobati pencernaan

Madu sendiri mempunyai sejarah panjang di dunia pengobatan tradisional yang berfungsi untuk mendukung kenyamanan pencernaan, terutama pada bagian usus. Sementara beberapa penelitian pun pula telah dilakukan sampai saat ini, hasilnya juga menunjukkan bahwa madu Manuka bisa guna mengurangi peradangan usus. 

Ini semua terjadi karena madu Manuka mengandung oligosakarida dengan tingkat 5-10%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan madu lain. Oligosakarida ini sendiri adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan dimaksudkan bisa sebagai fungsi prebiotik, sehingga prebiotik ini nanti bisa mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu Manuka dapat menghambat spesies bakteri yang dapat bertahan terhadap antibiotik seperti  Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) and Multidrug-resistant Pseudomonas Aeruginosa. Dengan begini, madu Manuka bisa bantu melawan infeksi tertentu melalui proses antimikroba di madu Manuka yang multifaktorial sehingga bakteri sulit berkembang.

3.) Lebah hanya mempunyai waktu yang sebentar untuk mengumpulkan nektar dari bunga Manuka

Lebah hanya membutuhkan rentan waktu 2 sampai 6 minggu setiap tahunnya untuk mengumpulkan nektar dari bunga Manuka yang kemudian diubah menjadi madu. Bunga Manuka umumnya mekar dalam waktu yang singkat sekitar bulan November setiap tahun. 
Sementara sarang juga harus ditempatkan di daerah yang banyak terdapat bunga Manuka asli di beberapa bagian Selandia Baru yang terpencil serta tak terjamah manusia umum. Bahkan lokasinya hanya bisa diakses hanya dengan menggunakan helikopter. Kemudian lokasi tersebut juga harus didukung dengan cuaca yang optimal untuk memungkinkan lebah dalam mengumpulkan nektar. 
 
4.) Madu yang paling banyak diteliti di dunia

Madu Manuka dapat disebut menjadi salah satu madu yang paling sering dijadikan objek oleh para peneliti. Sejauh ini madu Manuka sudah memiliki banyak makalah ilmiah yang sudah diterbitkan di seluruh dunia. 

Tidak hanya sebagai objek penelitian, bahkan terdapat banyak rumah sakit dan klinik yang menggunakan madu Manuka ini sebagai perawatan luka dan juga untuk pengaplikasian topikal, obat yang umumnya hanya dipakai untuk pemakaian luar atau dioleskan.
 
5.) Mempunyai rasa, tekstur, dan warna yang beda dari madu lainnya.

Meskipun dikenal menjadi obat yang berkhasiat, madu Manuka ini tetap mempunyai rasa manis madu yang sangat lezat. Kemudian yang perlu kamu tahu, setiap jumlah UMF yang berbeda-beda, madu Manuka juga memiliki lebih banyak warna serta intensitas rasa yang juga berbeda-beda. 

Dari sisi warna juga madu Manuka ini hampir sama seperti anggur, madu ini bisa tumbuh dalam rasa dan bisa menjadi gelap seiring berjalannya waktu. Kemudian dari teksturnya, madu satu ini mempunyai tekstur yang creamy atau bisa dibilang lebih kental dari madu lain. Inilah yang menjadi alasan banyak orang yang suka mengonsumsi madu Manuka selalu dengan sendok dan dijadikan seperti ritual sehari-hari.

Be the first person to like this.