All About Food
by on January 3, 2023
52 views

Jogja memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong. Ada banyak tempat wisata terkenal mulai dari yang menghibur hingga mengedukasi. Tidak heran jika provinsi satu ini selalu dipadati wisatawan setiap musim liburan tiba.

Kamu bisa dapatkan paket wisata jogja murah sudah termasuk penginapan hotel. Terdapat banyak promo paket tour Jogja, liburan bersama keluarga, gathering perusahaan dan outbound karyawan. Selain tempat wisata hiburan, kamu pula harus mencoba wisata kuliner Jogja. Ada banyak makanan serta minuman yang patut kamu cicip mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Jogja juga dikenal dengan harga makanan yang murah meriah. Jadi jangan khawatir takut akan kantong jebol untuk menikmati wisata kuliner Jogja.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Jogja Yang Wajib Didatangi 

1.) Bakpia Kukus Tugu Jogja

Salah satu varian baru dari bakpia yang sedang trending dalam beberapa waktu belakangan yakni adalah bakpia kukus. Bakpia satu ini mempunyai tekstur yang lebih lembut daripada bakpia pada biasanya. Mungkin lebih terasa seperti kue bolu atau brownis.

Meski begitu, ini jadi salah satu jenis oleh-oleh yang paling diburu hingga saat ini. Sekarang ini terdapat empat pilihan rasa mulai dari rasa keju, cokelat, kacang hijau, dan stroberi. Bakpia Kukus Tugu Jogja mempunyai sangat banyak toko cabang. Kamu bisa menemukannya di Jalan Solo, Mall Malioboro, Jalan Kaliurang, Stasiun Tugu dan Lempuyangan, serta di dalam Bandara Yogyakarta International Airport pun tersedia. 

2.) Bakpia Kurnia Sari

Tak ingin dong kamu menikmati kelezatan kuliner Jogja seorang diri. Maka saatnya berburu oleh-oleh, Salah satu makanan yang bisa kamu pilih untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogja tentu saja bakpia. Nah, Bakpia Kurnia Sari ini merupakan pilihan tepat. Bakpia ini mempunyai tekstur yang lembut dengan variasi isian yang banyak.

Jika bingung memilih rasa, mungkin salah satu atau lebih dari rasa cokelat mete, keju, kacang hijau, kumbu hitam, tiramisu, susu, atau kopi ini bisa jadi pilihan. Jangan cuma beli satu kotak saja, sebab nantinya tak akan cukup. 

3.) The Original Gelato

Jika sudah puas berkuliner mengisi perut, saatnya menyantap yang manis-manis sebagai dessert-nya. The Original Gelato dapat menjadi pilihan tepat untuk menyegarkan tenggorokan. Ini menjadi salah satu tempat gelato terkenal di Jogja yang terletak di kawasan Sagan.

The Original Gelato sendiri mempunyai beberapa gerai yang di antaranya terletak di Sagan sebagai gerai pusat dan Jalan Malioboro. Bahkan terdapat beberapa rasa gelato yang bisa kamu nikmati antara lain rasa cokelat, vanila, oreo, matcha oreo, milk cheese, dan pilihan lain yang tak akan kalah segar.

4.) Cafe Brick

Mau merasakan makan bonus jalan-jalan ke Eropa. Kamu tidak perlu ikut kuis undian berhadiah, cukup datang saja ke Cafe Brick yang terletak di kawasan Jalan Damai. Kafe kekinian ini mempunyai desain bangunan dengan lanskap bak berada di negara-negara Eropa.

Kamu bisa menemukan makanan mewah dengan harga yang murah di kafe satu ini. Mulai dari menu burger Brick Mon's Burger, menu waffle Brick Chicken Cone, hingga menu panekuk Brick Flipp Pancake yang Klook rekomendasikan untuk kamu.

5.) Heha Sky View

Jogja memang dikenal dengan kuliner tradisional dan legendaris. Namun Jogja juga punya wisata kuliner kekinian yang keren abis. Salah satunya yaitu Heha Sky View yang sebenarnya merupakan pemain baru. Meski begitu, tempat ini langsung jadi buruan para anak muda Jogja dan wisatawan luar kota juga.

Letaknya memang agak jauh dari pusat kota, yakni di Gunungkidul. Namun dijamin tak akan rugi kalau ke sini. Sebab, banyak terdapat tempat makanan yang ada di sini mulai dari sate taichan, makaroni pedas, dan juga memiliki restoran tersendiri. Apalagi banyak spot foto Instagramable yang bisa kamu eksplor dan jangan lupa untuk merasakan berjalan di atas kaca dalam ketinggian di Sky Glass.

6.) Angkringan Lik Man

Salah satu angkringan lain yang harus kamu kunjungi adalah Angkringan Lik Man. Angkringan ini spesial sebab menyediakan menu kopi yang tak biasa yakni kopi jos, kopi yang di atasnya ditarus arang yang masih panas membara. Meski cukup antimainstream, namun menu minuman ini terkenal dan banyak peminatnya.

Angkringan Lik Man buka mulai dari sore hari. Menu di sini pun hampir sama ragamnya dengan di tempat angkringan lain di antaranya ada nasi kucing, berbagai macam sate, serta variasi gorengan hangat.

7.) Angkringan KR Pak Jabrik

Kuliner Jogja tidak melulu soal gudeg. Angkringan madalah salah satu ikon kuliner Jogja yang tak kalah terkenal. Kamu dapat dengan mudah menemukan angkringan di Jogja, tapi kamu harus cobain salah satu yang terkenal yaitu Angkringan KR Pak Jabrik. Yang sering disebut oleh banyak orang sebagai angkringan KR karena lokasinya persis di halaman depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat.

Di sini kamu bisa memilih nasi kucing dengan banyak banyak variasi menu. Selain itu, jangan sampai tidak mengambil sate-satean yang disediakan mulai dari sate usus ayam, sate telur puyuh, sate jeroan, dan masih banyak lagi.

8.) Gudeg Permata

Salah satu Gudeg legendaris yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Permata. Terletak tepat di sisi barat bekas gedung bioskop Permata, rumah makan legendaris ini mulai buka dari pukul 20.30 WIB. Sama seperti tempat gudeg lainnya, kamu harus benar-benar datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang. Maklum saking terkenalnya, kadang antrean sudah mulai mengular bahkan sebelum Gudeg Permata buka. 

Kamu bisa melihat berbagai macam isian yang ada di baskom. Mulai dari, telur, ayam suwir, sambal kerecek, tetelan, dan masih banyak pilihan lain. Gudeg yang menggugah selera dipadukan teh hangat merupakan menu yang paling cocok sambil menikmati suasana malam Jogja.

9.) Gudeg Pawon

Kuliner gudeg di Jogja memang tak ada matinya dan banyak pilihan. Gudeg Pawon bisa menjadi salah satu pilihan di antara rumah makan gudeg yang terkenal legendaris. Uniknya, kamu bisa menengok langsung ke dapur tempat pembuatan gudeg. Maka dari itu tempat makan ini dinamakan Gudeg Pawon, yang dalam bahasa Jawa pawon artinya dapur.

Normalnya Gudeg Pawon ini baru mulai buka pukul 22.00 WIB. Namun kini jam buka mereka menyesuaikan karena situasi PPKM. Jadi pastikan kamu cek media sosial mereka di @gudegpawonjogja sebelum berkunjung ke sana.

10.) Gudeg Yu Djum

Jogja memang terkenal dengan kuliner gudegnya. Salah satu yang paling terkenal dan legendaris yaitu Gudeg Yu Djum. Perintis rumah makan ini adalah Ibu Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum. Nah, Gudeg Yu Djum sendiri sudah ada di Jogja sejak 1950-an

Kamu bisa membeli gudeg ini untuk langsung disantap di sana maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir, Gudeg Yu Djum sendiri memiliki banyak outlet yang tersebar di antaranya di Jalan Kaliurang, Jalan Laksda Adisucipto, Jalan Wates, Jalan Wonosari, hingga dekat Yogyakarta International Airport.
 

Be the first person to like this.